Jumat, 27 April 2012

Senam Aerobik Tuk Jantung Sehat

Definisi Senam Aerobiksenam aerobik atau senam aerobic adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas dan durasi tertentu. Senam aerobik merupakan suatu sistematika gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang sengaja dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu.
Tujuan dari senam aerobik adalah :
1. Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. Gerakan yang dipilih harus mampu menyebabkan denyut jantung meningkat sedemikian rupa ke target latihan atau disebut juga zona latihan.
2.Pembentukan tubuh. Gerakann yang dipilih harus mengandung kalestenik yang memenuhi tuntutan teknik dan ketentuan anatomis tertentu.
definisi senam aerobik
Pada Saat ini, senam aerobik telah jauh berkembang pesat dan berbeda. Sekarang aerobik bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam cd senam aerobik yang banyak beredar dipasaran, misalnya cd karya Berty tylarso, Rudi pocco-pocco, Ester suwito dll. Aerobik dapat pula dilakukan secara berkelompok misalnya di pusat – pusat kebugaran, instansi dinas, jumat dan minggu pagi serta acara –acara lainnya.
Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring, yaitu:
  1. High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras)
  2. Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan)
  3. Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko)
  4. Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’roll)
  5. Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik/kelentukan)
Manfaat senam aerobik memang banyak, semua tergantung dari jenis gerakan senam aerobik yang di lakukan. Tetapi pada umumnya manfaat senam aerobik antara lain :
1. Meningkatkan fungsi jantung. Dengan menaikkan detak jantung Anda selama minimal 20 menit, Anda meningkatkan daya tahan dan kekuatannya.
2. Meningkatkan kinerja paru-paru.paru-paru Anda seperti bagian lain dari tubuh Anda, Aerobik membantu untuk memperluas paru-paru dan meningkatkan stamina dan kekuatan.
3. Menjaga jantung dan paru-paru bekerja dengan baik adalah hal yang terpenting untuk dapat menguasai latihan berat tertentu. Setelah daya tahan Anda dibangun, akan lebih mudah untuk menyelesaikan latihan Anda dalam jumlah yang relatif singkat.
4. Membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Karena dalam latihan aerobik memanfaatkan oksigen secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh atau pembakaran lemak.
5. Menjadi awet muda, karena latihan aerobik juga memiliki efek signifikan pada kesehatan otak pada saat terjadi proses penuaan, sehingga dapat memperbaiki kemampuan memori atau daya ingat, dan meningkatkan kemampuan fungsi-fungsi organ tubuh
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Selain itu juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang.
7. Melawan depresi. kegiatan aerobik yang teratur telah dikenal untuk meningkatkan mood seseorang dan membantu membendung efek depresi.Tidak hanya peningkatan denyut jantung Anda memperbaiki mood Anda, kegiatan aerobik dapat menyenangkan dan terlalu ramah.
9. Latihan aerobik meningkatkan koordinasi Anda. Terutama saat kita lanjut usia, koordinasi penting untuk gaya hidup sehat.

3 komentar:

  1. Salam kenal Gan
    ternyata manfaat senam aerobik salah satunya untuk kesehatan jantung juga. dan apakah senam aerobik itu gerakannya hampir sama dengan senam jantung sehat? dan mau tanya tentang pakaian olahraga senam, menurut Gan baju senam terbaru bermerk apa yaa yang paling nyaman bahannya dipakek senam?

    BalasHapus
  2. Senam jantung punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh terutama dibagian kardiovaskular. Dengan syarat kalau dilakukan dengan benar dan baik. Lebih baik lagi dilakukan bersama instruktur senam profesional dan baju senam terbaru untuk menunjang penampilan ^^

    BalasHapus
  3. Terima kasih ...
    Atas Artikel sangat membantu sekali...
    mau tanya kalau mau baju senam muslimah yang murag dan berkualitsa dimana ya...
    mohon petunjuknya..

    BalasHapus