Rabu, 25 April 2012

8 Makanan untuk Jantung Sehat

detail berita
Perbanyak konsumsi toman sejak sekarang, sehingga Anda dapat merasakan semua manfaat dari vitamin dan likopen. (Foto: Ist)
CERDAS memilih makanan sehat akan memengaruhi kesehatan dan stamina tubuh. Konon, ada delapan jenis makanan yang dapat membantu jantung Anda sehat dan kuat, serta membuat hari-hari Anda menjadi lebih baik.

Ini adalah kabar baik bagi jutaan orang yang berjuang untuk menjaga kesehatan jantung mereka. Menu ini sangat beragam dan bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan hidangan makan malam. Masing-masing makanan menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan rasa yang berbeda.

Seperti dilansir Carefair, berikut daftar makanan yang bisa membuat jantung Anda sehat dan kuat:

Gandum

Saat sarapan pagi Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa Anda temukan dalam bubur gandum dan makanan sereal, yang di dalamnya terkandung gluten, yakni sebuah serat larut yang membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu dalam pencernaan.

Menikmati semangkuk bubur yang masih panas dengan kacang kenari, atau buah-buahan segar untuk menghangatkan perut adalah ide yang baik yang bisa Anda coba.

Apel

Apel memiliki kandungan flavonol yang disebut quercetin. Terbilang efektif membantu mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat.

Bluberry

Blueberry
merupakan buah kecil dengan manfaat yang menakjubkan karena mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan kandungan kandungan anthocyanidins yang tinggi, sehingga menjadi pilihan tepat sebagai makanan penyehat jantung. Selain itu, blueberry juga kaya kandungan serat yang berperan untuk menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa mengonsumsi buah lainnya, seperti stroberi dan raspberry.

Salmon

Salmon adalah sumber paling baik dari asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, risiko pembekuan darah dan kadar kolesterol. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi dua sampai tiga kali per minggu. Salmon dan minyak ikan laut lainnya, seperti ikan tuna dapat membuat jantung sehat.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung sulforaphane yang bisa membantu banyak orang untuk menyelamatkan jantungnya dengan melindungi pembuluh darah dari penyumbatan, yang bisa menyebabkan serangan jantung

Tomat

Perbanyak konsumsi toman sejak sekarang, sehingga Anda dapat merasakan semua manfaat dari vitamin dan likopen. Kandungan likopen mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar.

Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat, dan zat fitonutrien, yang sangat menyehatkan tubuh.

Anggur merah

Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik, sedangkan anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid. Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

Walau red wine juga mengandung flavonoid, namun alkohol yang terkandung pada minuman tersebut memberikan efek gangguan pada hati, maka disarankan lebih baik meminum jus anggur merah ketimbang red wine. Dengan mengonsumsi satu sampai dua gelas jus anggur merah per hari, membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.

Masukkan daftar makanan di atas dalam menu harian Anda sejak dini, agar jantung semakin sehat dan kuat. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi aktifitas yang Anda lakukan setiap hari. Saatnya membuat pilihan yang bijak dan menikmati gaya hidup sehat dengan jantung yang kuat. 
 
Kiat Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung
 
Sistem kardiovaskular merupakan sistem yang penting karena memompa nutrisi dan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.Pusat dari sistem kardiovaskular adalah jantung. Makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi setiap hari dapat memengaruhi kesehatan jantung.
Memilih makanan yang tepat bisa memberikan perbedaan bagi kesehatan dan kelangsungan hidup Anda, misalnya kemungkinan terkena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.
Berikut adalah tips dalam memilih makanan yang sehat bagi jantung:
1. Lemak
Semua diet yang Anda konsumsi harus mengandung lemak, namun tidak semua lemak baik untuk kesehatan. Untuk menjalankan fungsinya secara optimal, tubuh membutuhkan lemak, terutama di tingkat seluler.
Sayangnya, makanan yang tinggi kandungan lemak dan kolesterol jahat bisa berdampak buruk pada jantung. Makanan jenis ini dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, terutama pembuluh arteri.
Seiring berjalannya waktu, penumpukan plak bisa menyumbat pembuluh darah. Hal ini akan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah melewati sumbatan dan bisa menyebabkan pembuluh darah arteri kehilangan fleksibilitasnya.
Kondisi ini akan memicu berbagai macam masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
Menurut American Heart Association, lemak jahat harus dikonsumsi dalam batas sebagai berikut:
- Lemak jenuh (saturated fats) tidak boleh lebih dari 7% dari asupan kalori harian,
- Kolesterol, tidak boleh melebihi 300 mg/hari, dan
- Lemak trans (trans fats) tidak boleh lebih dari 1% dari asupan kalori harian Anda. 
2. Buah dan Sayuran
Jumlah buah dan sayuran yang Anda pilih untuk dikonsumsi setiap hari juga bisa memengaruhi jantung.
Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi optimal, terutama jantung.
Salah satu manfaat tambahan dari memperbanyak asupan buah dan sayuran adalah memperbesar persentase konsumsi serat dalam diet harian.
Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dari buah dan sayuran bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
3. Protein
Jenis sumber protein yang Anda pilih untuk dikonsumsi juga dapat memengaruhi kesehatan jantung.
Mengonsumsi daging berlemak dalam porsi besar bisa berkontribusi terhadap penumpukan kolesterol dalam darah. Pilihlah sumber protein yang rendah lemak, seperti ayam atau kacang-kacangan.
Pilih juga sumber protein seperti ikan yang memberikan manfaat tambahan bagi jantung karena mengandung omega-3.
Omega-3 merupakan lemak yang sehat bagi jantung, yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Asam lemak omega-3 akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner (coronary artery disease).
4. Karbohidrat
Karbohidrat juga merupakan bagian penting dalam diet Anda. Jika karbohidrat yang tepat dipilih, maka akan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Seluruh jenis biji-bijian mengandung serat dalam jumlah tinggi.
Seperti serat yang ditemukan dalam buah dan sayuran, kandungan serat dalam gandum utuh juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mencegah masalah kesehatan dan penyakit jantung.
Serat dari biji-bijian memliki manfaat tambahan yaitu membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjaga berat badan yang sehat beserta jantung yang sehat pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar